Langsung ke konten utama

Ular Tangga (Bahan Sinau)

Berikut bahan permainan Ular Tangga dan Buku Sinau, semoga bisa berguna!

 Papan Ular Tangga harus dibuat besar, karena dipakai oleh banyak anak. Bisa memakai kertas karton/manila. Jangan lupa siapkan dadu dan alat untuk melangkah (pion).
 
 Buku Sinau hal 1: ada tempat untuk nama masing-masing anggota kelompok


 Buku Sinau hal 2: Mencari Gambar. 
Meski kelihatan mudah tapi agak susah juga, soalnya ada bahasa Inggris dan gambar yang dicari juga agak sulit ditemukan.


 Buku Sinau hal 3: Berhitung. 
Memang mudah, tapi harus tetap awas, agar tidak menjadi salah.

 Buku Sinau hal 4: Mencari Nama Benda. 
Belajar mengingat sekaligus menuliskan nama-nama benda yang diminta dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Buku Sinau hal 5: Mencari Jalan. 
Biar gak tersesat, harus teliti dan cermat ya...


 Buku Sinau hal 6: Menulis Cerita. 
Siapa bilang menulis itu mudah? Yuuk, buktikan dengan yang satu ini. Tapi, kalau memang kamu sudah berlatih, pasti akan sangat menyenangkan....Apalagi kamu sudah pernah mengalaminya sendiri, pasti akan mudah untuk menuliskannya.

 Buku Sinau hal 7: Cita-citaku. 
Mengajak anak-anak untuk belajar bercerita tentang cita-cita: kadang mudah, tapi kadang juga susah. Tapi mulai bermimpi dan mencoba meraihnya akan mendatangkan suatu harapan dan semangat!

Buku Sinau hal 8: Kesan-kesanku. 
Mengajak anak-anak untuk mengulang kembali (berefleksi sederhana) apa yang telah dilakukan bersama sepanjang hari. Adakah sesuatu yang bermanfaat, kurang dipahami, hal-hal yang kurang menyenangkan, dsb., dan bagimana untuk memperbaiki dan menyempurnakan di masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!