Langsung ke konten utama

Terimakasih...(Puji Syukur di 11 tahun Perjalanan)

Minggu pagi ini luar biasa (18 Desember 2011), matahari bersinar luar biasa cerah...seperti harapan kami yang merekah, untuk bisa kembali bertemu anak-anak di bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang.
Hari ini kami mau mengadakan ucap syukur sederhana, karena tepat di tahun ini 11 tahun kebersamaan bersama anak-anak di Mergosono (tepatnya di bulan Oktober 2000-Oktober 2011). Sengaja tidak ada acara yang ramai-ramai, mengingat anak-anak baru selesai UAS. Acara hari ini penuh kebersamaan antara adik-kakak-teman. 
Kami muylai dengan membersihkan kuku, memotong kuku yang panjang...sambil curhat, seputar keluarga dari masing-masing anak tentunya. Dilanjutkan pembagian vitamin C. Sesudah itu kami sikat gigi bersama (makasih buat Mas Mahardi Eka dan Mbak Prita di Malang, yang sudah memberikan bantuan berupa perlengkapan alat mandi - sabun, pasta gigi, sikat gigi, sabun cuci tangan, samphoo, susu, dll)
Kakak menolong adik untuk menyikat giginya. Demikian juga teman yang besar membantu teman yang kecil, untuk belajar menyikat giginya. Wah, untung ada Mbak Sudiah yang datang membantu. Jadi acara sikat giginya tambah seru. Setelah menyikat gigi, anak-anak mencuci tangan dan mukanya agar bersih.
Karena sudah bersih...sekarang waktunya sharing perjalanan 11 tahun kebersamaan kami. 
"Menyenangkan belajar bareng mbak Ayik, soalnya lucu...bisa main bareng-bareng!" ucap Galih.
"Kita juga bisa membuat dan main gempo bareng-bareng," cerita Galih.
"Kita juga bisa main di bukit sampah dan foto-foto di sana!" ucap Anggi.
"Dulu,...kita itu masih kecil-kecil lho...fotonya lucu-lucu kalau dilihat lagi, ha ha ha...!" cerita Mega sambil tertawa.
Masih banyak celoteh anak-anak. Akhirnya sambil bercerita kami makan bersama. Sederhana tapi menyenangkan.

Terimakasih Tuhan, Engkau memberikan kesempatan perjalanan ini bersama anak-anak di Mergosono. Sehingga kami bisa belajar dan berproses bersama. Memang ini belum sempurna dan masih sangat jauh dari sempurna. Tapi kami bersyukur, kebersamaan kami ini mulai bisa menginspirasi teman-teman di tempat lain, untuk semakin peduli pada anak-anak dan masa depan bangsa ini.
Terimakasih, buat kawan-kawan yang telah mendukung kami: baik berupa bantuan secara materi, doa, support dan tenaganya. Kami sangat menghargai hal itu. Semoga di masa yang akan datang, kita makin dipersatukan dalam proses pembelajaran ini. Berkah Dalem.

Berikut foto-foto kegiatan kemarin:

 Memotong kuku...tak hanya sekadar memotong kuku, 
tapi juga ajang curhat anak-anak tentang keluarga dan lingkungan mereka. 
Memotong kuku...menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu.

 Habis memotong kuku...waktunya bagi-bagi Vitamin C.....

 Bantuan dari MBak Prita, Malang....dan Mas Mahardika Rp 500.000,- untuk keperluan alat perlengkapan mandi. TERIMAKASIH

 Cangkir anak-anak, yang dibawa dari rumah masing-masing, berisi air bersih dari air pam sekolahan, untuk kumur saat sikat gigi mereka

 Asyikkk....dapat sikat gigi baru...! 
Wah, ada adik bayi baru yang bergabung bersama ibunya. Selamat datang....!

 Anak-anak sibuk bercerita tentang sikat gigi baru mereka...
Wah, semua hal di sini, bisa jadi cerita ya...he he he...



Sabar ya,....antri ambil pasta giginya...


 Mulai deh, gosok-gosok giginya...
Anggi menyikat gigi sambil mengawasi Amel, adiknya, 
yang sangat bersemangat menggosok giginya....
Di sebelahnya, Mega juga mengajari Gesang, adiknya.

 Tika mengajari Maya menyikat gigi....
wah, Amanda sampai serius banget mengawasi mereka, he he he...

 Menggosok gigi bersama-sama di halaman sekolah....eh, got di sekolah ini baru lho...

 Ini dia, adik bayi yang baru gabung bersama ibunya....katanya, ini pengalaman menggosok gigi yang pertama.

 Galih dan Danang yang datang terlambat bergabung...
akhirnya menggosok gigi di kamar mandi sekolahan


 Habis gosok gigi, saatnya cuci tangan dan mulut yang bersih. 
Mbak Sudiah membantu adik-adik.

 Danang dan pinter cuci tangan yang bersih....

 Sambil menunggu kawan-kawan yang belum selesai cuci tangan...kumpul dulu yuuukkk,....
Nah, setelah berkumpul semua, kita kemudian saling bercerita 11 tahun kebersamaan.

 Maem bersama....

 Iiih...kok, mukanya sedih...? he he he...masih nunggu pembagian jatah maem...

 Suasana pembagian makanan dan susu....

 Maem bersama sambil cerita-cerita bersama sahabat...ramai dan menyenangkan!

 Ternyata Bagas dah bisa maem sendiri.....

 Salam....sebelum pulang.

Wah, adik bayi juga mau jabat tangan...he he he...

Terimakasih, untuk proses kebersamaan ini...
semoga kita semakin dikuatkan untuk proses bersama ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!