Langsung ke konten utama

4/14 Windows Conference 2012

Pada tanggal 1-4 Oktober 2012, saya mendapat kesempatan yang luar biasa, untuk mengikuti South East Asia 4/14 Windows Conference, yang bertempat di Hotel Danau Sunter, Jakarta. Kegiatan konferensi yang menitik beratkan fokus pelayanan pada anak-anak usia 4-14 tahun tersebut, diikuti oleh sekitar 243 peserta dari negara-negara di Asia Tenggara (Indonesia, Philiphina, Kamboja, Myamar, Thailand, Malaysia, Hongkong & China, Singapore).

Dalam konferensi ini, ada banyak sharing pengalaman pelayanan anak di berbagai daerah dan juga negara, yang masing-masing kemudian dikelompokan dalam berbagai bidang, seperti: Media, Pendidikan, Teologi, Keluarga, Children Ministry, dsb.
Kebetulan saya tergabung dalam bidang Media, cukup menarik pembicaraan yang diangkat. Ternyata beberapa tahun belakangan, banyak teman yang telah memfokuskan pelayanan anak dalam bentuk media, seperti menembus TV lokal di negara masing-masing untuk fokus pada pelayanan anak-anak (pembuatan film kartun pendek/berseri semacam "Super Book", yang mampu bersaing dengan film-film kartun produk internasional; juga pelayanan di radio, media tertulis, dsb) Ada rencana, pelayanan media ini, ke depannya diterjemahkan dalam berbagai bahasa, sehingga makin menjangkau banyak anak-anak di berbagai daerah dan negara. Berikut beberapa foto selama kegiatan berlangsung.


 Suasana diskusi tim Media bersama Mark


  Sharing tim Media...serius namun penuh tawa

 Suasana diskusi tim Media, ada banyak senyum...

 Nonton animasi karya Dirga, cs (tengah)

 Bersama Thavee (Myamar), Karen (Thailand), saya (Indonesia), usai diskusi tim Media

 Bersama Thavee (Myamar), Karen (Thailand), saya (Indonesia) dan Rodel (Philiphine)

 We are Aremania

 Ternyata banyak juga tim dari Malang....meski beda profesi, he he he


 Melihat film animasi karya Mas Heru Tanaya (ATI)

Suasana diskusi kelompok dari Jawa Timur, Jogya dan Jawa Tengah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!