Langsung ke konten utama

Bahan Pembelajaran (Boleh di-copy)

Hari Pendidikan Nasional ya,...
Hari ini saya semangat buat berbagi bahan pembelajaran, yang dipakai bersama anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang.
Bahan ini sesuai kebutuhan anak-anak di Mergosono, jadi jika Anda meng-copy bahan berikut, harus sedikit disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak di tempat Anda.
Ok, selamat belajar...selamat berbagi dan saling mencerdaskan anak-anak.

Bahan pembelajaran ini kami sampaikan dalam bentuk permainan outbound, dengan beberapa pos di mana anak-anak bisa belajar dengan berbagai metode pembelajaran yang berbeda. Masing-masing anak memegang buku ini, sehingga mereka bisa belajar dan berproses bersama, meski mereka dibagi dalam kelompok kecil.

 Lembar 1: berisi biodata anak - nama, umur dan alamat mereka

 Lembar 2: Pada bagian ini mengajak anak-anak menuliskan apa saja bagian-bagian dari tubuhnya. Kebetulan kami memiliki "Kotak Tubuh" yaitu kotak kecil berisi replika bagian tubuh manusia. Jika Anda tidak memilikinya, pada permainan ini Anda bisa membantu anak-anak menuliskan dari apa yang mereka lihat dari diri mereka sendiri atau melihat dari tubuh temannya, misal: tangan, kaki, perut, mata, dsb.

 Lembar 3: Masih merupakan pengulangan dan kelanjutan dari lembar 2, hanya saja sekarang sambil menuliskannya dalam bahasa Inggris (atau bahasa daerah, dsb). Masalah bahasa terkadang menjadi kendala bagi anak-anak, jadi buatlah sesuatu yang menyenangkan...tidak malah menakutkan anak-anak untuk belajar sesuatu yang baru.

 Lembar 4: Adalah pengulangan dari pembelajaran tentang Red Flag dan Green Flag (Anda bisa baca di blog ini dari bahan-bahan sebelumnya), mengajari anak-anak untuk memahami seksualitas mereka secara dini dan bukan tabu. Agar anak-anak terhindar dari orang-orang jahat dan kejahatan seksualitas di sekitar mereka, yang makin marak dewasa ini. Karena dahulu mereka telah diajari dengan menggunakan bendera, pada kagiatan ini mereka diajari lewat media baca dan tulis.

 Lembar 5: Mewarna ~ Kegiatan refreshing sejenak sekaligus berlatih mewarna dan bahasa Inggris mereka.

 Lembar 6: Mencari Kata ~ kata-kata yang dicari adalah berkisar kata-kata yang ada hubungannya dengan lingkungan sekitar mereka tinggal, seperti: Sampah, bau, plastik, paku, sungai, kambing, dsb. 
 Lembar 6: Menyusun Kata ~ merangkai kalimat dari kata-kata yang terpisah.

 Lembar 7: Dongeng ~ menambah wawasan anak akan cerita dongeng, sekaligus belajar berimajinasi, membaca dan bercerita pada adik/teman mereka.

Lembar 8: masih kelanjutan dari dongeng. 
Lembar 8: Kesanku hari ini ~ mengajak anak-anak mengevaluasi kegiatan yang mereka alami bersama-sama sepanjang hari ini...apa kesan yang mereka dapat selama proses permainan, kritikan dan masukan untuk pertemuan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!