Langsung ke konten utama

Bermain Puzzle ~ Belajar Ansos Anak sederhana (Bag.2)

Minggu pagi yang dingin, 19 Mei 2013, sisa hujan semalam...tanah becek, namun udara segar. Pagi ini kami menerima kunjungan dari beberapa kakak dari Fakultas FISIP Brawijaya, Malang dan juga pemuda GKJW Jemaat Malang.
Usai berkenalan, kami membagi kelompok. Anak-anak kecil (Balita hingga SD kelas 1) mewarnai dan belajar mengenal huruf. Sedang anak-anak usia sekolah (SD) pagi ini melakukan kegiatan penjelajahan sederhana.

Kegiatan penjelajahan sederhana ini dilakukan dengan sebuah games. Awalnya, anak-anak diminta membuat PETA RAHASIKU yakni menyusun puzzle dari sebuah foto, yang diambil dari lingkungan sekitar mereka. Setelah foto tersusun dengan baik, anak-anak diminta untuk mencari tempat dalam foto tersebut dan melakukan penjelajahan sederhana (sambil menjawab pertanyaan). Saat penjelajahan ini, mereka ditemani, kakak-kakak yang kebetulan datang hari ini.

Berikut beberapa foto bahan puzzle dan pertanyaan pembimbing yang dikerjakan anak-anak, untuk mengenal lingkungan mereka.




1.     Apakah nama tempat ini?

2.     Apakah nama pohon besar yang hidup di situ?

3.     Jika kamu menghadap ke arah Timur, apa saja yang dapat kamu amati/lihat dari tempat itu?

4.     Bangunan apa saja yang ada di sekitar tempat itu? Sebutkan!

5.      Binatang apa saja yang hidup di sekitar tempat itu?

6.     Menurutmu: apa yang menyebabkan seseorang mau berbelanja di tempat ini?

7.     Menurutmu: apa yang menyebabkan orang tidak mau berbelanja di tempat ini?

8.     Tempat ini masuk wilayah mana:

RT......                                  RW......

Kelurahan................         Kecamatan..........





1.     Tempat ini ada di mana?
2.     Tempat ini masuk wilayah mana:
RT......         RW......
Kelurahan................         Kecamatan..........
3.     Ada berapa jumlah anak tangga di tempat ini?
4.     Tumbuhan apa yang terlihat hidup di tempat ini?
5.     Binatang apa yang terlihat hidup di tempat ini?
6.     Bangunan/tempat apa saja yang ada di sekitar tempat ini?
7.     Rumah siapa saja yang ada di sini? Sebutkan!
8.     Apa alasan kamu suka bermain di tempat ini?

1.     Di manakah tempat ini berada?

2.     Tempat ini masuk wilayah mana:

RT......           RW......

Kelurahan................         Kecamatan..........

3.     Ada berapa jumlah anak tangga di tempat ini, dari atas ke bawah?

4.     Rumah siapa saja yang ada di sekitar tangga ini?

5.     Tumbuhan apa yang terlihat tumbuh di sekitar sini?

6.     Hewan apa yang terlihat tumbuh di sekitar sini?

7.     Menurutmu: sumber air dari manakah yang dipakai warga untuk keperluan mereka sehari-hari?

8.     Ada berapa jumlah rumah bertingkat di sekitar daerah ini?


1.     Di manakah tempat ini berada?

2.     Tempat ini masuk wilayah mana:

RT......       RW......

Kelurahan................         Kecamatan..........

3.     Ada berapa jumlah anak tangga di tempat ini?

4.     Tumbuhan apa saja yang hidup di sini?

5.     Hewan apa saja yang hidup di sini?

6.     Ada berapa tempat sampah yang kamu temui di sekitar sini?

7.     Berapa jumlah tiang antena TV yang memakai penyambung tiang bambu, yang terlihat dari tempat ini?

8.     Menurutmu: sumber air dari manakah yang dipakai warga untuk keperluan mereka sehari-hari?



1.     Ada berapa rumah di daerah kampung baru ini?

2.     Tempat ini masuk wilayah mana:

RT......       RW......

Kelurahan................         Kecamatan..........

3.     Apa nama bangunan yang baru di bangun di tempat ini?

4.     Dari manakah masyarakat di kampung ini mendapatkan sumber air untuk keperluan mereka sehari-hari?

5.     Berapa jumlah rumah di daerah ini yang memiliki antena TV yang memakai penyambung tiang bambu, yang terlihat dari tempat ini?

6.     Hewan apa saja yang hidup di daerah ini?

7.     Tumbuhan apa saja yang hidup di tempat ini?

8.     Apa nama sungai yang mengalir di dekat tempat ini?





1.     Apa nama tempat ini?

2.     Tempat ini masuk wilayah mana:

RT......      RW......

Kelurahan................         Kecamatan..........

3.     Dari manakah sumber air yang didapat untuk keperluan di sini (mandi/cuci/masak)?

4.     Ada berapa jumlah ruangan di sekolah ini (kelas/kantor/dll)?

5.     Tumbuhan/pohon apa saja yang hidup di tempat ini? Sebutkan!

6.     Hewan apa saja yang ada di sekitar tempat ini?

7.     Ada berapa jumlah ruangan untuk kamar mandi/WC di tempat ini?

8.     Apa nama tempat di atas sekolah ini, yang terlihat dari dalam foto?


Usai melakukan evaluasi bersama, tentang hasil penjelajahan anak-anak, kegiatan dilanjutkan dengan bermain susun kata dan juga permainan bentengan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!