Langsung ke konten utama

Dari Kisah Kancil sampai cuci tangan bersama

"Oke! Satu....dua....tigaaaaa....! Mulai....!" teriak Srigala yang menjadi wasit pertandingan lari antara Kancil dan kura-kura itu. Mulailah kancil dan kura-kura berlari dengan kencangnya.....
Cerita tersebut disampaikan Kak Pelangi dari Fisip Brawijaya, Malang, yang pagi itu datang bersama teman-temannya, sekitar 10 orang, di hadapan anak-anak di bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang.
Nampak anak-anak dengan tekun mendengarkan cerita tersebut....

Kak Pelangi sedang asyik bercerita...

Akhirnya,...si kura-kura berlari bersama-sama si kancil.

Nampak anak-anak antusias mendengarkan cerita Kak Pelangi. Meski demikian mereka kritis juga memprotes saat ada cerita atau gerakan yang salah.

"Lho,....lho....kok larinya mundur?" teriak Moris memprotes Kak Pelangi, yang sedang bercerita sambil menggerakkan gambar kura-kuranya.
"Eh, iya...ternyata jalannya mundur ya?" ucap Kak Pelangi, sedikit malu. "Maaf, ya, adik-adik, gambar kura-kuranya kebalik," ucap Kak Pelangi, yang disambut tawa dari anak-anak.
Ya, siang itu, selain kegiatan mendongeng, anak-anak juga belajar bersama dengan kakak-kakak dari Fisip, Brawijaya dengan banyak kegiatan permainan. Seperti kegiatan dalam kelompok: bermain puzzle tentang rambu-rambu lalu lintas, diskusi tentang hal-hal terkait sopan santun, juga belajar mencuci tangan yang baik dan benar. Berikut kegiatan mereka dalam tampilan beberapa foto.

Kelompok 1 sudah siap untuk belajar!

Kelompok 2 in action

Kelompok 3 nih....

 Yuk, cek semua anggota kelompoknya bareng Kak Rara

Buat gerakan huruf A dengan tubuh, sebelum menyelesaikan tugas di pos 1

Menyusun puzzle tentang rambu-rambu lalu lintas

 Lompat kodok dulu yuk, sebelum menyelesaikan tugas di pos 2

 Diskusi di kelompok 2 ditemani Kak Pelangi

Diskusi kelompok 1 bersama Kak Raja

 Diskusi Kelompok 3...wah, Bila pusing ya, dengan tugasnya? he he he

 Mendengarkan penjelasan di pos 3 sebelum bemain bola

 Yuk, bermain oper bola

 Eh, awas jatuh ya!

Simulasi bersama tentang cara mencuci tangan yang benar
 
"Ayo, gerakannya yang benar!" teriak Kak Christin memberi aba-aba.

Anak-anak menirukan langkah-langkah mencuci tangan yang benar

 Simulasi kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan di kamar mandi SDN Mergosono 4 Malang

Kelompok 2 sedang mempraktikan mencuci tangan yang benar bersama-sama

Usai semua kegiatan dalam kelompok dan pos-pos permainan, kemudian anak-anak dan kakak-kakak pendamping dari Fisip, beristirahat sambil makan kue dan minum susu.
Wah, memang hari ini banyak sekali kegiatannya....capek tapi juga senang!

Terima kasih, buat kakak-kakak dari Fisip Brawijaya, yang sudah berkunjung dan belajar bersama kami.

Komentar

  1. Balasan
    1. ya, betul...kami menumpang belajar di halaman SDN Mergosono 4 Malang

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!