Langsung ke konten utama

Games Day

Akhirnya, harinya tiba juga...
Pagi ini (25/5), seperti yang direncanakan bersama anak-anak pekan lalu, kami akan mengadakan "Games Day" hari full games bersama anak-anak.
Kami semua berkumpul di lapangan, dan tiga orang teman: Nindi, Andri dan Galih terpilih sebagai ketua kelompok. Mereka kemudian mendapat kesempatan secara bergantian untuk memilih anggota kelompoknya. Masing-masing kelompok terdiri atas sekitar 8-9 anak.

Pembagian Kelompok

Games Day hari ini terdiri atas 4 games besar yakni:
1. Jelajah Kampung
2. Kotak Rahasia
3. Gambar estafet
4. Rainbow Games
Setiap kali masing-masing kelompok selesai mengerjakan satu games maka mereka akan mendapatkan 5 potongan puzzle, yang pada akhir games akan disusun bersama-sama.

JELAJAH KAMPUNG
Apa sebenarnya games ini? Setiap kelompok mendapatkan sebuah foto, dari bagian kampung tempat anak-anak tinggal. Tugas mereka adalah menemukan daerah yang ada dalam foto tersebut dan kemudian membuat rute atau peta lokasi daerah tersebut menuju pos utama di lapangan sekolah. Selain itu, mereka juga harus belajar mengenali daerah sekitar foto tersebut:
1. Ada berapa jalan yang bisa dilalui dari tempat tersebut menuju pos utama?
2. Ada berapa rumah yang bisa dilalui sesuai rute tersebut, rumah siapa saja?



Beberapa tempat yang dicari anak-anak dalam Jelajah Kampung
Belajar Ansos sederhana untuk anak

KOTAK RAHASIA
Masing-masing kelompok berbaris memanjang di tanah lapang, di tengah-tengah tanah lapang telah tersedia sebuah kotak rahasia, yang berisi bermacam-macam benda. Setiap anak secara bergantian kemudian melihat secara teliti apa isi dalam kotak tersebut dan menuliskannya. Bunyi peluit sebagai tanda pergantian anak yang melihat atau akhir waktu pengamatan.

Kelompok 1 siap untuk games Kotak Rahasia

 Kelompok 2 siap untuk games Kotak Rahasia

 
Kelompok 3 siap untuk games Kotak Rahasia

 Ah,...tadi apa saja ya isi Kotak Rahasia nya?


GAMBAR ESTAFET
Masing-masing kelompok duduk berbaris memanjang di tanah lapang, selembar kertas dibagikan pada masing-masing kelompok. Tiap kelompok bertugas untuk menggambarkan sesuatu (sesuai tema) dalam waktu yang terbatas dan kemudian gambar dilanjutkan teman di belakangnya.
Tema gambar estafet hari ini adalah:
1. Aktivitas di Sungai
2. Kegiatan di Pasar Krusuk (di atas bukit sampah)
3. Kegiatan di resekan (TPA)

Siap-siap untuk Gambar estafet? Ayo, siapkan imajinasimu!


RAINBOW GAMES
Rainbow Games adalah kegiatan diskusi dalam kelompok, dimana anak-anak bertugas menyelesaikan soal GREEN FLAG & RED FLAG, MATEMATIKA dan BAHASA.





 Diskusi kelompok, menjawab semua pertanyaan dalam 
Rainbow Games sambil istirahat sejenak.

RED FLAG & GREEN FLAG

1.        Guru ngajimu tiba-tiba menyentuh bagian tubuhmu yang terlarang. Termasuk kelompok bendera apakah guru ngajimu tersebut? (Red Flag / Green Flag)
Apa tindakanmu jika hal itu terjadi?
2.      Seseorang yang tidak kamu kenal, tiba-tiba mengajakmu berkenalan dan kemudian memberimu permen dan minuman. Tak lama kemudian ia memaksamu untuk ikut pergi ke suatu tempat yang tidak kamu ketahui. Termasuk kelompok bendera apakah orang tersebut? (Red Flag / Green Flag)
Apa tindakanmu jika hal itu terjadi?
3.      Ibumu membantu memandikan adikmu yang berusia 3 tahun, menggantikan pakaiannya dan membantunya memakai bedak/sisir. Termasuk kelompok bendera apakah ibumu? (Red Flag / Green Flag)
 




MATEMATIKA
1.        Pak Rohman sedang panen buah durian. Setiap hari buah yang masak di kebunnya ada 12 buah. Jika dalam sebulan ada 31 hari, berapakah jumlah buah durian yang masak, yang dihasilkan dalam bulan itu?
2.      Uang tabungan Lala 2x dari jumlah tabungan Amanda. Uang tabungan Amanda ½ dari jumlah tabungan Sony. Jika jumlah uang tabungan Sony Rp 30.000,- berapakah jumlah uang tabungan Lala?


BAHASA
(Menulis nama-nama benda dalam bahasa Inggris, serta mengartikan rambu-rambu lalu lintas).



Belajar berbagi cerita, saat evaluasi semua kegiatan games

Pada akhir permainan, setelah semua anak-anak menyelesaikan 4 macam games tersebut, kami berkumpul bersama untuk mengevaluasi jalannya permainan. Masing-masing kelompok bercerita tentang pengalamannya saat Jelajah Kampung. Saat satu kelompok bercerita maka kelompok yang lain memperhatikan untuk mengoreksi jika ada yang salah.
Tak terasa hari semakin siang....terik matahari juga semakin menyengat. Setelah membagikan beberapa peralatan mandi dan alat tulis untuk anak-anak, kami semua berpamitan pulang. 
Terima kasih, buat teman-teman yang telah membantu keperluan alat mandi dan alat tulis untuk anak-anak di Mergosono. Berkah Dalem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!