Langsung ke konten utama

God is Good!

Salam Damai!
Senang bisa bertemu kembali...senang bisa menulis kembali, setelah hari-hari panjang istirahat total (mungkin Tuhan kasih istirahat ini, supaya saya benar-benar bedrest, he he he) rasanya jadi kangen sama anak-anak dampingan, setelah hampir dua bulan tidak mengunjungi mereka. Puji Tuhan! Natal lalu, beberapa anak main ke rumah, secara tak terduga, sehingga sedikit menghibur rasa gundah saya...he he he...



Akhirnya, Minggu pagi, 10 Januari 2016, setelah badan terasa pulih dan segar, saya kembali mengunjungi anak-anak. Awalnya hanya berniat menemui Pak Nur Hasan, ketua RT setempat, hendak menindak lanjuti proses peminjaman ruang ipal, yang akan dipakai anak-anak belajar bersama. Tapi rupanya, proses belum selesai, karena pertengahan Januari ini baru akan dilakukan pemilihan pengurus baru ipal.
Beberapa warga yang mengetahui hal tersebut menyarankan untuk memakai rumah mereka dulu....akhirnya kami menempati rumah Hilda, salah seorang anak dampingan untuk belajar.
Meski tidak siap membawa peralatan belajar, tapi karena anak-anak sudah berkumpul, akhirnya kami mulai saja dengan peralatan yang ada di tas saya.
Hari ini aktivitas banyak ngobrol, he he he...karena lama tak jumpa, curhat sana sini, dan kami membuat games mewarna berantai.





Seru juga, meski sekadar games mewarna, tapi dengan kreativitas pembelajaran maka anak-anak juga sambil belajar berhitung, kejujuran dan sportivitas. Kok bisa? Ya, bisa dong! he he he...tertarik kan mau lihat kreativitas pembelajarannya? Boleh kok, sekali-kali datang mengunjungi saat pembelajaran berlangsung.

Minggu, 17 Januari 2016
Wah, jadwal minggu ini kacau banget, ada undangan mendadak, padahal kita sudah janjian dengan anak-anak. Akhirnya biar semua tidak kecewa, dibagilah waktu dengan seadil-adilnya....maaf ya, anak-anak, minggu ini jadwal ketemuannya dikurangi sedikit, he he he...
Minggu ini kami belajar Matematika dengan memakai games "Space Web Race" alias melintasi jaring laba-laba. Kalau belajar langsung Matematika, sulit khan? Bahkan ada yang bilang takut, bosen! Nah, biar anak-anak enjoy belajar kita memakai games ini. 
Bahan games diprint pada kertas HVS, anak-anak juga membantu membuatkan pion dan dadu istimewa yang terbuat dari kertas karton. Hampir sama dengan model ular tangga, hanya saja naik atau mundurnya mereka melewati jaring laba-laba ini ditentukan oleh dadu istimewa tadi. Pion yang berbentuk laba-laba lucu itu, cukup menarik hati anak-anak. Tambah lagi, jika mereka melewati jaring yang berwarna khusus, maka mereka harus mengerjakan soal matematika. Eh, bukan hanya sekadar soal matematika lho, mereka juga sambil belajar bahasa Inggris dan mewarna gambar hasil hitungan, he he he...menarik bukan.





Waktu satu jam rasanya kurang untuk memainkan games ini. Tapi karena keterbatasan waktu, akhirnya kita berpisah juga. Sampai bertemu minggu depan ya, dengan kreativitas pembelajaran yang lain!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!