Langsung ke konten utama

BERITA FOTO

Waaahhhh,.....lama sekali tidak mengunjungi blog ini.
Karena sibuk, sepertinya sepanjang tahun ini hanya sempat posting kegiatan anak-anak dampingan melalui IG, yang ditautkan ke FB dan Twitter. Semoga teman-teman yang suka mengunjungi blog ini tidak menjadi kecewa ya.... maaf, maaf!

Berikut kami muat beberapa foto kegiatan anak, semoga sedikit menjawab kerinduan kita.

 Tgl. 20 November 2016 lalu, kita menerima kunjungan dari kakak-kakak SMAK Frateran, Malang. Sekitar 30 orang datang berkunjung dan berproses belajar bersama anak-anak. Anak-anak remaja belajar bersama tim PMR SMAK Frateran untuk ngobrol masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan diri. Sedang anak-anak yang lebih kecil mewarna dan bermain games di ruang ipal. Seru banget! Diakhir pertemuan kami makan siang bersama.
Minggu pagi, 27 November 2016, meski sedikit anak yang berkumpul karena cuaca yang dingin, kami tetap berproses bersama. Hari ini kami lebih banyak ngobrol, belajar membaca, mewarna, bermain puzzle, bernyanyi, juga membaca buku-buku perpustakaan kecil kami.
Ternyata bermain puzzle gak hanya sekadar menyusun kepingan-kepingan puzzle, tapi juga ketelitian. Tuh, kan sulit juga ya....tapi tetap semangat kok!







Silvi, Putri dan Hilda, tiga orang remaja yang paling setia membantu adik-adiknya belajar, meski teman-teman sebayanya tidak datang.
Sehabis mengajari mewarna dan berhitung, mereka meluangkan waktu membaca buku-buku perpustakaan.

Yeaiiii....foto bersama, meskipun tidak lengkap
anak-anak cowok sedang bermain di luar halaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Games Kejujuran

Minggu, 30 Juni 2013 Pagi yang cerah, anak-anak sedang libur sekolah. Pekan yang lalu kami telah sama-sama berencana, jika hari ini akan mengadakan kegiatan lomba. Rupanya anak-anak di Bantaran Kali Brantas, Mergosono, Malang, sudah tak sabar menanti kedatangan saya. Begitu saya datang, semua anak langsung berkumpul di tanah lapang SDN Mergosono 4, tempat biasa kami bermain dan belajar bersama. Mereka datang dengan wajah-wajah yang penuh semangat, senyum ceria dan di tangan mereka telah terkepal 'gempo' (gempo= bulatan dari tanah yang dipadatkan). Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat track untuk lomba, anak-anak berkumpul di halaman, duduk bersama dan kami mulai dengan membuat peraturan permainan bersama terlebih dahulu. Permainan sepanjang hari ini kami namakan Games Kejujuran. Peraturan selama permainan adalah: tidak boleh ada kata-kata kotor, perkelahian dan suara tangis. Setiap kali ada pelanggaran konsekuensinya poin dikurangi 10. Sedangkan jika

MEWARNAI PASIR

Minggu depan kami berencana mewarnai gambar dengan menggunakan pasir laut. Wah, gimana caranya? Penasaran ya? Sabar, pasti jika tiba saatnya kami akan tulis juga di blog ini.  Jadi pekan ini kami belajar menyiapkan bahannya yakni membuat pasir berwarna. Pertama kami menyiapkan semua bahannya: pasir laut, pewarna makanan, gelas plastik, sendok/garpu plastik, dan air secukupnya.     Pasir laut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan Pewarna Makanan Gelas, sendok/garpu plastik bekas Cara membuatnya: Pertama pasir laut harus dibilas dengan air tawar terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis, jemur di tengah terik matahari. Kita bisa jemur beberapa kali (meski pasir sudah kering) agar bau amis bisa benar-benar hilang. Kemudian kita bisa simpan pasir tersebut pada botol plastik (bekas aqua, dsb).   Untuk mewarnai pasir laut, kami menggunakan warna dari pewarna kue cair, dicampur dengan sedikit air, dan anak-anak membantu dengan mengaduk pasirnya hingga rata terca

Permainan Kerjasama - Melewati Tali

Permainan kerjasama - Melewati Tali, sebenarnya mudah. Hanya saja perlu kekompakkan dan kerjasama kelompok. Pertama, anak-anak membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan. Tali (bisa dari tali rafia) diletakkan pada tubuh salah seorang anak. Tiap-tiap anak berusaha untuk memindahkan tali tersebut ke temannya yang lain, tanpa melepaskan pegangan tangannya. Mau mencoba? Seru juga lho!